10 Des 2008

Ribuan Hewan Qurban Tak Layak Potong


Dinas Perenakan, kelautam dan perikanan (P2K) DKI Jakarta menemukan bahwa 1.389 ekor hewan kurban yang beredar dijakarta tidak layak potong. itu 2% dari total 69.460 ekor populasi hewan kurban tahun ini, " tidak layak karena belum cukup umur, apalagi dari segi fisik terlihat giginya belum tanggal "kata kepala dinas P2K DKI Jakarta Edy Setiarto.
Temuan ini diperoleh dinas peternakan setelah melakukan inspeksi di 1.075 lokasi penjualan hewan kurban di jakarta. Inspeksi berlangsung hingga sehari menjelang hari raya Idul Adha.
Selain itu di lokasi penjualan, petugas menemukan hewan kurban yang terjangkit penyakit timpani atau kembung pada saliran pencernaan. yang paling berbahaya... di jakarta selatan dan jakarta barat tim dinas kesehatan menemukan hewan kurban yang terjangkit penyakit cacing hati.
penyakit cacing hari ini terdapat pada organ hati hewan dan termasuk penyakit berbahaya. namun cacing ini akan mati pada suhu diatas 100 derajat celcius.
menurut Majelis Ulama Indonesia, usia hewan sangat menentukan sah - tidak sahnya di jadikan kurban. Kambing dan domba harus sdh berusia satu tahun, sedangkan sapi dan kerbau harus berusia 2tahun, dengan membuka mulut dan meliahat gigi.dengan itu kita dapat mengetahui usia hewan..
Untuk Tahun Kedepan nya diharapkan Dinas Kesehatan lebih jeli dan tegas dalam memeriksa hewan2 mana yang layak dijadikan korban..

kalau sdh terjadi seperti ini.. siapa yang harus disalahkan ???



artikel ini dikutip dari koran tempo.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar